Gas Service Pressure Instrument

Pengertian umum praktis untuk instrument yang akan diinstall pada vessel atau line dengan gas service adalah tapping point berada di upper side dari line atau vessel. Praktis reason adalah untuk menghindari condensate yang selalu berada di down side dari suatu pipa atau vessel. Lagi pula tekanan dalam suatu space tertutup dari suatu fluida gas adalah sama. Sehingga pemilihan tapping point untuk fluida gas dengan pertimbangan utamanya adalah menghindari condensate merupakan alasan yang acceptable.

Pertanyaanya adalah bagaimana ketika vessel tersebut tinggi atau line-nya tinggi?

Jawaban mudahnya adalah dengan membuat suatu structural access yang letaknya lebih tinggi dari line atau vessel. Yang mana instrument akan di mounted di access tersebut dan tarik impulse line dengan tubing ke tapping point. Finish…..

Tetapi manakala pembuatan structural access tidak dimungkinkan dan instrument harus diletakkan di permukaan pada ketinggian normal manusia, sementara tapping pointnya di vessel atau line-nya jauh di atas? Adakah yang bisa memberikan ide?

Ide pertama yang diusulkan seorang teman adalah dari tapping point vessel atau line yang letaknya di atas, tidak langsung disambungkan ke instrument. Tetapi ditambahkan condenser yang dipasang di bawah (ground/ deck). Connect taping point yang letaknya tinggi tersebut dengan tubing ke condenser. Kemudian dr upper side condensator baru disambung tubing up to instrument. Sehingga kondensasi yang dikhawatirkan berpengaruh terhadap pengukuran instrument tidak akan terjadi. Condenser ini hanya berukuran sekecil mungkin, krn kalau terlalu besar dikhawatirkan justru pembacaan pressure-nya tidak actual.

Apakah metode ini tepat secara engineering? Let’s find out how the correct way to answer that. Atau jawaban sederhana pake kapilary aja, tak perlu repot-repot narik tubing ke atas atau ke bawah. Karena sensor capilary ada di tapping pointnya bukan?

Batam,

Nova Kurniawan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: