MC Punches

Eventhough I have been 8 years in the project but I still sometime argue with QA/QC group or group of inspectors about punches type of construction work in the mechanical completion stage. Recently some people have idea to put punch of cable tag no or cable marker of High Voltage Cable on punch ‘A’ category and punch of cable tag no of Low Voltage and Instrument Cable is punch ‘B’ category. Who did tell this punches method to our fellows Indonesian inspector? Or what guidelines they are following to execute inspection in the end of oil and gas construction work?.

Apakah itu punch dalam sebuah project? Seringkali ada yang berpendapat yang dimaksud dengan punch adalah pekerjaan yang belum selesai. Dengan pemahaman itu ketika pekerjaan konstruksi platform belum selesai maka platform hanya akan memiliki satu punchlist yaitu “platform construction is not finished yet”. Atau ketika platform sudah berbentuk atau decknya sudah di erection tetapi pada suatu system ternyata belum ada satupun pipa yang diinstall maka piping di sistem setiap test pack hanya memiliki satu punchlist yaitu “Piping spool in this system is not installed yet”. Hanya satu punch list, tak banyak-banyak, tapi pipanya belum ada satupun di erection. Seperti itu kah punchlist? Tentu bukan. Kejadian di atas lebih tepat disebut sebagai Outstanding Work List.

Jadi apa yang dimaksud dengan punchlist pada saat mechanical completion? Kita harus memiliki basis referensi untuk mendefinisikan punch list pada fase ini. MC Handbook karangan A Dynowski dari Omega. Terminologi punch list harus dilihat dari cara pandang commissioning bukan cara pandang konstruksi, bahkan QA/QC harus juga melihat punchlist pada saat mechanical completion berdasarkan quality requirement tapi dari cara pandang commissioning bukan murni dari ke-QA/QC-annya. Apa bedanya cara pandang ke-QA/QC-an dengan cara pandang commissioning? Contoh: Ada cable tray stainless steel dengan baut yang terpasang adalah galvanized steel, padahal seharusnya bautnya adalah stainless steel. Apakah akan terjadi beda pendapat? seharusnya sih tidak, tetapi saya pernah mendapati QC Inspector memberikan punch A untuk cable tray ini dengan argumen bahwa baut galvanized akan berakibat fatal menghasilkan korosi pada tray karena dissimiliar material yang saling bersentuhan. Pertanyaanya adalah untuk mengganti baut tray dari galvanized menjadi stainless steel apakah akan mengganggu commissioning? Jawabannya untuk kasus ini harus dengan cara pandang commissioning, yaitu dissimiliarity material stainless steel dengan bautnya sama sekali tidak mengganggu commissioning menurut saya. Sehingga kasus pada baut pada tray ini perlu mendapat punch tetapi tidak pantas mendapat Punch A, hanya perlu mendapat punch B. Mungkin ilmu QA/QC memberikan porsi konsern terlalu besar untuk hal-hal yang berhubungan dengan dissimiliar material yang bersentuhan.

Akan berbeda cerita pada baut yang dipasang pada piping flange. Jika tipe baut yang dipasang pada flange salah, maka punchnya adalah punch A. Kenapa? karena mencopot baut pada flange mengganggu integrity dan tightness dari internal sistem yang sedang atau sudah commissioning.

Definisi MC punches adalah incomplete work on the MC stage or just before pre-comm/comm: Category ‘A’ adalah incomplete work preventing further testing, commissioning activity, or continuous operation of the device on the system. Category ‘B’ adalah incomplete work have no significance impact on safe operation during commissioning of the system. Incomplete work preventing overall testing & commissioning of overall device & equipment on system adalah outstanding work, not a punch.

Untuk memudahkan penggolongan Punches maka setiap abnormality perlu diberikan pertanyaan:

1. Apakah dengan tidak terpasangnya atau kurang betulnya pemasangan suatu item maka alat atau device akan mati atau tidak berfungsi dalam commissioning?

2. Apakah untuk membetulkan abnormality item pada alat ini menyebabkan ada device, cable, atau equipment yang dicopot sehingga alat atau device tersebut mati atau tidak berfungsi dalam commissioning?

Jika salah satu jawabannya YA maka abnormality yang anda temukan pada suatu devices,equipment, atau cable adalah Punch A. Jika kedua jawabannya TIDAK maka hanya Punch B.

Ada satu tambahan pertanyaan yang biasa ditambahkan orang yang konsern pada Safety pada Hazardous Area Installation pada saat mechanical completion stage:

1. Apakah dengan tidak terpasangnya atau kurang betulnya item pada alat ini menyebabkan GAS masuk/passing? Kalau YA maka Punch A, sedangkan jika jawabannya TIDAK maka hanya Punch B.

Saya tidak setuju dengan pendekatan tersebut. Karena pada saat commissioning kita tidak melibatkan gas. Fokus mechanical completion adalah commissioning stage bukan start-up maka punches hanya mempertimbangkan commissioning stage saja. Contoh: JB yang memiliki plug non-Ex padahal seharusnya dipasang Ex sering mendapat punch ‘A’. Padahal kasus ini tidak akan menyebabkan terganggunya commissioning. Mengganti Ex certified plug pada JB ketika JB sedang live pada saat commissioning adalah hal biasa saja dan dapat dilakukan sehingga Ex certified plug hanya perlu diberi Punch B. Ini akan menjadi understandable bila pertimbangaannya lokasi JB-nya di luar dan air hujan bisa masuk, maka pemasangan plug untuk menghalangi hujan sebelum commissioning adalah wajib.

Exercise:

1. Cable Hi-Voltage belum ada cable marker/taggingnya. Apakah kabel karena tidak ada taggingnya electrical equipment tidak nyala? TIDAK. Apakah untuk memasang tagging perlu menghentikan kegiatan commissioning? TIDAK. Jadi abnormality ini hanya Punch B.

2. Core cable belum ada markernya dan model yang hendak dipasang berbentuk sleeve dan di heat shrink. Harus di punch, apa punch-nya? Apakah untuk memasang model core marker seperti ini perlu menghentikan commissioning? IYA. Karena dicopot dulu dari terminasinya maka core marker ini adalah Punch A. Kalo core markernya model yang bisa dicopot/pasang model diselipkan tanpa perlu copot terminasi maka hanya Punch B.

3. Bautnya panel belum dikencangi sehingga panelnya goyang-goyang sekali dorong jatuh. Harus dipunch apa? Pertanyaanya adalah mengencangi baut panel apakah mengganggu panel yang sudah energize? Tidak, tapi kalo roboh atau geser lepas terminasi atau kabelnya stress. Bolehkah ini punch A?. Saya tidak setuju karena aktivitas utama pasang panel adalah memastikan dia berdiri dengan rigid dan dibolt dengan kuat. Kalau bautnya masih kendor berarti pekerjaan utama instalasi belom selesai alias termasuk outstanding work. Sehingga tidak pantas dilakukan kegiatan punch saat mechanical completion, betulin dulu baru diinspect. Kalau main activities yang belom selesai selalu diboleh di punch maka ibaratnya contoh extrimnya adalah Platform yang Jacketnya belum selesai piling di punchlist “Piling is not finished yet”  kemudian hook-up, commissioning dan start-up tetap bisa dilakukan dan bisa jalan dengan mulus dan sukses….tapi setelah itu platform hanyut dibawa ombak.

Main construction work jangan di punch tapi jadikanlah sebagai outstanding work. Minor construction work yang berefek ke commissioning baru boleh di punch. Punch A diraise ketika item atau hal tersebut menyebabkan tidak berfungsinya atau matinya device dan tidak bisa dicommissioning, tetapi systemnya perlu dihandover karena bagian yang lain dari sistem tersebut masih bisa untuk di running. Punch B diraise ketika item atau hal tersebut tidak menyebabkan matinya devices dan sama sekali tidak mengganggu commissioning.

Nova Kurniawan

4 Responses

  1. kalau sudah temanan dengan inspektornya …. aman itu nov …. hehehehe …..
    jamannya pak rene, semua inspektor nggak berkutik ….. dia mau diaudit malah dia yang audit balik mereka …..

  2. temen sih temen tapi “kitab-suci”-nya nge-punch harus sama. Haha… nggak boleh gitu Jun, krn sudah tugasnya QA/QC audit seluruh departmenet againts procedure yang dibuat department itu sendiri.

  3. Mas Nova, mau nambahin sedikit ttg satu hal yg biasanya di jadikan PL, akses untuk operation dan maintenance (biasanya sih ini yg ngeluarin PL orang operation) heheehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: