Let’s Read Manual Book

Seringkali saya mendapat email, komentar-komentar di blog, dan pesan di facebook tentang detail setting atau mengoperasikan suatu alat instrument merek tertentu. Maaf mayoritas jawabannya saya tidak tahu. Karena bagi saya pertanyaannya itu sama saja bertanya: “Bagaimana cara membunuh babi pada game angry bird level tertentu di Handphone Samsung Galaxy”. Saya akan jawab: “tidak tahu caranya” karena; pertama saya tidak pernah punya Handphone Samsung Galaxy dan kedua saya belom pernah baca manual game angry bird dan mencoba memainkannya di Handphone Samsung Galaxy. Belom tahu bukan berarti tidak bisa kan?

Instrument adalah sebuah alat yang identik dengan handphone. Product suatu manufacture yang memiliki sequence, metode, dan cara bagaimana untuk mengoperasikannya. Handphone dibuat se-user friendly mungkin dengan berbagai common aplikasi yang sudah umum, tetapi juga memiliki fitur-fitur khusus yang hanya bisa dimengerti ketika anda membaca manual dan spesifikasinya. Begitu pula instrument yang manyoritas electronic maka memiliki aplikasi yang memang sudah umum tetapi pasti ada fitur-fitur khusus yang baru bisa kita ketahui kalau kita membaca manual. Bahkan manual alat electronic seperti TV sering menampilkan tabel trouble shoot yang menunjukkan jenis indikasi error dan apa yang harus dilakukan. Begitu pula sama halnya dengan instrument terutama yang elektronik. Dengan membaca manual setiap instrument sebelum memulai pekerjaan akan memberikan pengertian yang lebih kepada instrument tersebut.

Teknologi instrument adalah teknologi yang cepat berubah. Berpengalaman mengoperasikan instrument pada tahun 1990-an bukan berarti akan memiliki knowledge yang sama untuk mengoperasikan instrument tahun 2010-an. Karena sebagaimana handphone tahun 1990-an sudah berubah di tahun 2010-an meskipun mempunya satu hal yang sama yaitu bisa dipencet tombolnya untuk nelpon. Perkembangan aplikasi handphone di tahun 2010-an hanya akan dapat anda mengerti dan kuasai ketika anda membaca manual handphone tahun 2010-an, bukan hanya dari pengalaman mengoperasikan handphone tahun 1990-an.

Pengalaman ditambah rajin membaca manual untuk setiap instrument baru, menjadi langkah yang wajib jika berkecimpung di dunia instrumentasi. Perkembangan disiplin lain tidak secepat bidang instrumentasi. Jika kita tidak selalu up to date terhadap produk-produk manufacture maka kita akan menjadi tidak tahu. Tidak tahu bisa berubah menjadi tahu dengan membaca manual book dari produk tersebut.

Salam,

Nova Kurniawan

 

3 Responses

  1. btul itu nov…. selain itu kalau sudah lama tidak pegang juga lupa …😉

  2. saya baru mau kerja di bidang manufaktur (makanan), september nanti, semoga bisa share ilmu instrumentasi seperti pak nova.

  3. Dalam dunia IT istilah gaulnya RTFM = Read The Fu**in Manual

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: