Instrument 24 Volt DC Terbalik Polaritynya (+) dan (-), maka akibatnya adalah?

Zaman dulu waktu saya kecil punya radio buat dengerin sandiwara radio Saur Sepuh atau Tutur Tinular. Ketika radio mati karena Battery habis maka maka akan diganti Battery baru. Seringkali karena gak sengaja atau iseng pemasangan Battery tidak betul alias kebalik (+) dan (-) nya. Maka akibatnya RADIO tidak bunyi. Hanya tidak bunyi tidak pernah terbakar atau rusak gara-gara Battery terbalik. Untuk membetulkan radio yang tidak bunyi Batterynya tinggal dibalik dan abracadabra radio hidup lagi.

Zaman sekarang waktu saya sudah agak tua kadang mendengar beberapa kali Instrument dengan power 24 VDC katanya terbakar atau jebol komponennya elektroniknya, gara-garanya gosipnya karena Polarity (+) dan (-) kebalik. Yang ada dipikiran saya Woooouwww kok TIDAK canggih betul ya Instrument 24 VDC yang kita punya di abad 21 ini? Kok Instrument abad 21 ini kalah canggih sama Radio abad 20? 🙂

Ahhh Masak? Gampang rusak? Atau atau atau analisis dan berita gossip yang salah?

Bantu saya dong kenapa terbaliknya polaritas (+) dan (-) yang hanya menyebabkan arah vektor arus terbalik bisa menyebabkan orang berkesimpulan polarity kebalik bisa merusak instrument?

Sedangkan polarity (+) dan (-) terbalik di Radio tidak merusak. Mungkin Radio sudah sedemikian canggihnya mengimplementasikan konsep penyearah arus dengan kombinasi rangkaian dioda sehingga ketika terjadi polarity terbalik maka dioda akan mem-block arus yang terbalik tersebut sehingga radio aman dari efek merusak dari terbaliknya polarity (+) dan (-). Kapasitor aman.

Rangkaian elektronik pada radio akan terbakar jika terjadi over current dan atau over voltage.

Menurut hemat saya analisa rusaknya suatu Instrument elektronik 24 VDC harus dimulai dari kecurigaan adanya over voltage dan atau over current sebagaimana radio. Bukan karena (+) dan (-) terbalik. Over voltage dan over current banyak sekali kemungkinan penyebabnya. Yang paling sering dicurigai adalah aktivitas pengelasan yang menggunakan arus besar.

Batam, 05 Maret 2018

Advertisements

6 Responses

  1. Dipastikan itu cuma gosip pak bos nova..hee
    Karena pengalaman saya sering ketemu dilapangan transmitter dgn polarity terbalik ketika powernya sudah di on kan. Setelah dibenarkan transmitter msh bisa berfungsi dgn baik

  2. iya bang power Supply ku juga pernah jebol salah wiring 😦

    • Salah wiring itu detailnya kenapa? Polarity salah? Power masuk Signal? Karena poin dari tulisan saya terbaliknya polarity (+) dan (-) tidak menyebabkan alat / Instrument rusak.

  3. Kirain ada penjelasan details rupanya masih tanda tanya. juga. Mungkin habis UAS bisa lah saya tulis agak panjang tentang polaritas supply listrik dan komponen-komponen listrik/elektronik. Hehehe….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: