Actuated / Instrumented Valve sebagai Batas Leak Test (GALT atau N2He) pada Pipa

Pada suatu pagi tiba-tiba terdengar suara “JOSSS HOWOSS HOWOSS” yang begitu tiba-tiba dan sangat bising sekali pada suatu EPCI Project pembuatan Wellhead Platform. Pipa-pipa kecil 2″yang belum disupport secara sempurna ujungnya bergoyang-goyang dan orang-orang berlarian keluar dari platform. Yaa… Ada aliran gas tiba-tiba yang keluar dari sistem perpipaan. Kenapa ini bisa terjadi?

Ada laporan bahwa Valve yang dipakai sebagai Batas aktivitas Leak Test Pipa yang semula tertutup tiba-tiba TERBUKA sehingga tekanan N2He yang dipakai Leak Test tersebar ke mana-mana (ke system pipa yang masih under Construction alias belum selesai) tanpa bisa dikendalikan gas keluar dari open flanges nyembur ke mana-mana. Orang yang kaget pada berhamburan…

Pertanyaannya Siapa yang membuka Valve tersebut? Jawabannya Tidak Ada yang membuka Pak.

Kok bisa terbuka sendiri?

Ternyata Valve yang dipakai untuk ngeblock adalah Actuated / Instrumented Valve yang kondisinya FAIL OPEN jadi dia membuka sendiri kalau terjadi FAIL.

Jadi Valvenya FAIL? Kenapa bisa tiba-tiba FAIL? Karena e karena Instrument Airnya tiba-tiba hilang.

Kenapa Instrument Airnya tiba-tiba hilang? Karena e karena supply udara untuk Instrument Air itu langsung dari Air Compressor….Dan celakanya Air Compressornya tiba-tiba mati.

Kenapa ketika Air Compressor mati Instrument air hilang Actuated Valve jadi fail? Kenapa tidak dipasang check Valve saja sehingga tekanan Instrument air gak bisa balik?

Gak bisa dong dipasang check valve karena Actuated Valve ini didesain kondisi amannya (Low Energi) pada posisi terbuka FAIL OPEN. Jadi begitu FAIL kemudian Valvenya terbuka maka artinya valve-nya berfungsi bagus. Lahhh terusss?

Yang salah adalah yang menjadikan Actuated Valve FAIL OPEN sebagai batas tanpa antisipasi terjadinya kondisi FAIL. Yang perlu dieliminasi adalah hal-hal yang menyebabkan jadi FAIL.

Anggap saja ini hanya kisah di atas adalah kisah FIKSI seperti Ghost Fleet.

Bagi orang Non-Instrument adanya suatu Valve yang bisa membuka sendiri tiba-tiba adalah keanehan. Menurut orang Non-Instrument, Valve itu normalnya adalah tertutup dan tidak bisa membuka sendiri kecuali dibuka atau diperintahkan untuk membuka.

Padahal bagi orang Instrument ada ada 2 macam Valve yaitu Fail Open dan Fail Close. Valve yang FAIL to OPEN artinya ENERGIZE to CLOSE atau POWER to CLOSE. Energize / Power bisa berupa pneumatic dan atau electric. Saya selalu menghindari penggunaan istilah NORMALLY OPEN karena kata normally memerlukan definisi lagi apa itu normal? Apakah normal itu ada energi atau tidak ada energi? Buat saya istilah Normally selalu perlu sedikit waktu untuk berfikir. Tetapi dengan istilah FAIL OPEN saya tidak perlu berfikir bahwa tanpa ada apa2 alias digeletakin aja Valve tersebut dalam posisi OPEN.

Pemilihan Actuated / Instrumented Valve dengan status FAIL OPEN sebagai batas suatu pengetesan kebocoran menyebabkan Valve tersebut harus ditutup ENERGIZE to CLOSE. Untuk menutup Valve tersebut perlu Energi / Power. Kalau Valve tersebut memerlukan energi pneumatic untuk menggerakkan aktuator maka diperlukan Instrument air. Kalau Valve tersebut punya solenoid yang perlu elektrik maka perlu disiapkan power 24VDC.

Syarat wajibnya adalah Valve yang jadi batas Leak Test tidak boleh FAIL.

Jika diperlukan intervensi manual pada Valve selama proses leak Test pipa, maka bisa dilakukan:

1. Jika Actuated Valve mempunya Hand Wheel untuk intervensi manual maka tutup Valve secara manual dengan HandWheel. Jangan pakai power dan tekanan.

2. Jika Actuated Valve tidak punya HandWheel maka pastikan udara di dalam Chamber actuator tidak bisa keluar. Udara dr Chamber bisa keluar melalui exhaust. Silahkan di plug semua exhaustnya Actuated Valve.

3. Ketika supply Instrument Air yang terhenti menyebabkan FAIL maka Supply udara Instrument Air harus diblock dari Instrument air manifold / block Valve IA line terdekat. Sehingga matinya Compressor tidak membuat tekanan jadi balik keluar dari valve.

4. Lepaskan tubing di Instrumented Valve Panel yang ke actuator ganti inject langsung udara pake selang kemudian selangnya di plug.

Intinya semua antisipasi manual harus dilakukan untuk mencegah Valve ini FAIL. Karena kalau terbuka N2 bisa keluar ke mana-mana termasuk ke system pipa yang masih dikerjakan orang konstruksi.

Bojonegoro, 27 Mar 2018

Nova Kurniawan

Advertisements

One Response

  1. Selalu mencerahkan tulisannya. Sederhana buat orang awam instrument seperti saya. Artinya Pak Nova sangat menguasai hal ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: