Stroke ESDV dan Josss Howos Howos Nyembur Isi N2He dalam Pipa

Di post blog sebelumnya kisah saya tentang joss howos howos N2He karena Valve terbuka sendiri FAIL OPEN. Pada cerpen kali ini agak sedikit sebaliknya yaitu pipa berisi N2He sampai batas ESDV (Emergency Shut down Valve dengan Tipe Valve Fail Close). Joss Howos Howosnya karena ESDV justru sengaja dibuka karena teknisi tidak tahu bahwa pipanya sudah berisi N2He.

Pada EPC Wellhead Platform 2 orang Instrument Technician mendapatkan tugas untuk melakukan Function Test ESDV yang dipasang pada pipa menghubungkan Production Manifold dan Pipa ke Hook Up Portion yang nantinya akan di join ke Riser pada saat Hook Up campaign di laut. Ujung pipa yang nanti disambung ke Riser hanya ditutup oleh Plastik End Cap dan diikat.

PTW divalidasi dengan judul Function Test Valve WPXX All Deck (Lower Deck, Mezz Deck, Upper Deck). Ketika melakukan validasi teknisi hanya bilang ke pemberi ijin kerja sebagai kontinyu yang kemarin Pak. Tidak secara spesifik menerangkan atau meng-highlight posisi ESDV di P&ID. Karena tidak ada penekanan maka ini hanya dianggap pengetesan rutin. Validasi PTW ditandatangani.

Kemudian ke-2 orang Instrument Technician menyiapkan Function Test ESDV. Semua utility yang diperlukan seperti Instrument Air disiapkan dan signal DO dari PLC sudah siap. Control Room memberi aba-aba melalui radio bahwa ESDV akan open… 3,2,1…Go. Tiba-tiba Jooosss Howos Howos… Plastik Cap diujung Pipa Terbang entah kemana diiringi bunyi yang memekakkan telinga. Untungnya tidak ada orang yang tersambar cap ini. N2He yang ada di platform keluar semua melalui pipa yang terbuka ini.

Kedua orang Instrument Technician ini heran kenapa bisa ada N2He di upstream ESDV yang mereka buka? Padahal PTW sudah ditandatangani. Artinya mereka boleh melakukan ini dengan aman.

Sekali lagi ini hanya FIKSI seperti Novel Ghost Fleet. Kalau ada kemiripan mungkin hanya kebetulan. Pelajaran yang bisa diambil:

1. Instrument Technician tidak akan pernah tau isi pipa yang Valvenya atau ESDVnya akan mereka buka. Comm Manager yang harus men-STOP pekerjaan ini dan tidak menandatangani tangani PTW. Dan juga pipa yang sudah ada isinya wajib dikasih warning sign.

2. Aktivitas pengisian N2He dilakukan oleh Grup Lain pada malam hari untuk persiapan Leak Test pada sore harinya. P&ID harus di Mark Up bahwa N2He telah diisikan dan PTW Coordinator dan Comm Manager harus menyimpan mark-up ini di Permit Office. Semua yang sudah ‘live’ yang tertera di P&ID, Single Line, PCS/SIS Block Diagram harus di Mark Up di Permit Office.

3. PTW kegiatan Function Test dan commissioning lainnya harus menyertakan dokumen antara lain P&ID, Single Line, Block Diagram. Biasanya PTW hanya mengattachkan Procedure dan Lay Out Lokasi Deck. Informasisi lokasi tidak cukup membantu PTW Coordinator atau Comm Manager untuk bisa menangkap Bahaya Commissioning. Gambar Layout hanya membantu PTW Coord agar tidak bentrok dengan aktivitas konstruksi spt: Lifting, HotWork, dan Blasting. Gambar P&ID, Single Line, Block Diagram membantu PTW Coord dan Comm Manager membayangkan systemnya dan mengcross check terhadap ‘live’ status sebelum mereka tanda tangan permit.

4. Berlakukan Policy tegas tidak boleh ada menyimpan pneumatic (udara atau gas) dengan alasan apapun (persiapan, penghematan, dll) ketika di platform ada departemen / bagian lain yang masih bekerja. Ketika ada departemen lain bekerja maka pneumatic harus dikeluarkan kecuali hanya low pressure gas yang dipakai.untuk preservasi.

Jadi tidak ada alasan persiapan pengisian gas N2He padahal departemen lain masih bekerja sebelum waktu leak Test. Juga tidak ada alasan untuk menghemat N2He maka selesai leak Test satu sistem dipindah ke sistem lain yang hendak ditest biar hemat. Tidak ada istilah hemat-hemat an. Selesai leak test maka N2He dibuang… Tidak perlu disimpan.

Bojonegoro, 28 Mar 2018

Nova Kurniawan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: