English yang Simple-Simple

Seringkali ketika berdiskusi dengan teman-teman teknisi di lapangan sering dikatakan bahwa teknisi-teknisi kita tidak kalah dengan teknisi-teknisi luar negeri (terutama filipin dan india), cuman teknisi-teknisi kita kalah dalam bahasa inggris. Ya memang orang-orang india dan filipin rata-rata lebih bagus bahasa inggrisnya dari kita. Mereka menggunakan bahasa inggris sejak sekolah untuk belajar matematika, fisika, kimia, dll. Saya ingat waktu SD belajar matematika pakai bahasa jawa, kalah start.

Saya berfikir apanya bahasa inggris yang paling simple yang diperlukan oleh pekerja lapangan. Pekerja itu intinya bekerja dengan keterampilan skill technical bukan kemampuan berbicara seperti presenter, politisi atau manager yang harus punya kemampuan berbicara dalam rapat-rapat, negosiasi, dll. Karena pekerja itu intinya skill keterampilan technical lapangan maka bahasa inggris yang sesimple-simplenya yang diperlukan oleh pekerja itu apa kira-kira? Mungkin bahasa inggris untuk melaporkan secara verbal atau short message tentang pekerjaannya yang dia lakukan kepada atasanya. Laporan pekerjaan yang paling mendasar menurut saya cukup dua saja yang utama yaitu:

  • Pertama: Siapa mengerjakan apa atau apa dikerjakan siapa. Siapa meng-Anu Apa, atau Apa di-Anu Siapa.
  • Kedua   : Status pekerjaan apakah sudah dikerjakan, belum dikerjakan, sedang dikerjakan, atau akan dikerjakan.

Siapa meng-Anu Apa atau Apa di-Anu Siapa

Ini adalah dasar kalimat yang sejak SD diajarkan dalam bahasa indonesia bahwa kalimat memiliki maksud ketika minimal ada Subyek dan Predikat. Tergantung tipe Predikat yang digunakan maka seringkali memerlukan Obyek dan dilengkapi dengan Keterangan (SPOK). Bahasa Inggris sama persis dengan Bahasa Indonesia menggunakan SPOK. Subyek = Pelaku bisa orang, hewan, benda yang bisa ditempeli kata sifat (adjective); Predikat = umumnya kata kerja (verbs) atau perbuatan; Obyek = yang dikenai perbuatan bisa orang, benda, hewan yang bisa juga ditempeli kata sifat; Keterangan = waktu, tempat, situasi dan kondisi.

Setelah mengetahui SPOK kita harus memilih akan menggunakan kalimat aktiv atau pasif?

  • Kalimat aktif = SPOK
  • Kalimat pasif = OPSK atau KOPS atau OKPS

Sebagai ilustrasi pekerja mendapatkan tugas untuk memasang kabel pada suatu platform. Pekerja-pekerja proyek mayoritas pekerjaannya adalah pasang memasang maka bahasa inggris yang sering muncul adalah “install”. Install adalah kata kerja (verb) maka posisinya sebagai Predikat. Dengan prinsip SPOK maka kemudian siapa pelakunya? Pelakunya adalah saya “I” maka “I” adalah Subyek. Selanjutnya siapa yang dikenai pekerjaan atau apa yang dikerjai? tentu saja kabel “cable” sebagai Obyek. Keterangannya berupa? ternyata nama tempat yaitu Platform. Maka komplet SPOK-nya. Pilihan selanjutnya adalah apakah akan menggunakan kalimat aktif SPOK atau kalimat pasif OPSK / KOPS / OKPS.

  • Kalimat Aktif dasar: I (meng-) install cable at platform
  • Kalimat Pasif dasar: Cable at platform (di-) install(ed) by I (me)

Dalam Bahasa Indonesia membedakan kalimat aktif atau pasif cukup dengan membedakan dengan awalan me- atau di-. Bahasa Inggris tidak mengenal awalan seperti bahasa indonesia jadi mereka menggunakan metode perubahan bentuk kata kerja (verb). Kalimat aktif menggunakan kata kerja bentuk pertama (install), sedangkan kalimat pasif menggunakan kata kerja bentuk ke-tiga (installed).

Karena bahasa inggris selalu terikat waktu maka contoh kalimat aktif dan pasif berikut menggunakan waktu sekarang artinya sedang dikerjakan atau masih dikerjakan.

  • Kalimat Aktif dasar: I am installing cable at platform.
  • Kalimat Pasif dasar: Cable at platform is being installed by me.

Pada kalimat aktif am sebagai to be anggap saja mewakili kata meng- dalam bahasa indonesia, sedangkan tambahan ing setelah install untuk menunjukkan bahwa pekerjaan install sedang dilakukan.

  • Kalimat Aktif Indonesianya : Saya sedang memasang kabel pada anjungan.

Pada kalimat pasif is being mewakili kata dalam bahasa indonesia di- yang sedang dilakukan yaitu sedang diinstall. Sedangkan –ed adalah untuk passive voice verbnya harus berubah bentuk ke bentuk ke-3. Kebetulan bentuk ke-3 dari install adalah installed.

  • Kalimat Passive Indonesianya: Kabel di anjungan sedang dipasang oleh saya.

Belum, Sedang, Akan, Sudah

Pekerjaan memasang kabel tentu saja ada statusnya apakah Belum, Sedang, Akan, atau Sudah dilakukan. Melaporkan status pekerjaan sangat penting untuk dilakukan.

Belum

  • Kalimat Aktif dasar : I have not installed cable at platform.
  • Kalimat Pasif dasar: Cable at platform has not been installed by me.

Pada kalimat aktif have not installed memiliki arti belum memasang. Sedangkan pada kalimat pasif has not been installed memiliki arti belum dipasang.

Sedang

  • Kalimat Aktif dasar: I am installing cable at platform.
  • Kalimat Pasif dasar: Cable at platform is being installed by me.

Akan

  • Kalimat Aktif dasar: I will install cable at platform.
  • Kalimat Pasif dasar: Cable at platform will be installed by me.

Pada kalimat aktif will install memiliki arti akan memasang. Sedangkan pada kalimat pasif will be installed memiliki arti akan dipasang.

Sudah

  • Kalimat Aktif dasar: I have installed cable at platform
  • Kalimat Pasif dasar: Cable at platform has been installed by me.

Pada kalimat aktif have installed memiliki arti sudah memasang. Sedangkan pada kalimat pasif has been installed memiliki arti sudang dipasang.

Sudah – Sedang

Sudah-Sedang merupakan konsep kalimat yang susah dimengerti oleh orang indonesia. Tapi kalimat model ini diperlukan untuk memberi penekanan bahwa saya sudah melakukan pekerjaan ini lho selama sekian waktu tapi belum selesai juga alias masih sedang dikerjakan (ada penekanan ke sudahnya). Contoh bahasa indonesia: Saya sudah memasang kabel di platform selama dua hari dan sampai sekarang masih sedang memasang juga (karena belum selesai).

  • Kalimat Aktif dasar: I have been installing cable at platform for 2 days.
  • Kalimat Pasif dasar: Cable at platform has been being installed by me for 2 days.

Pada kalimat aktif have been installing memiliki arti sudah sedang memasang kabel di anjungan selama 2 hari dan masih melakukan. Pada kalimat pasif has been being installed memiliki arti sudah dipasang selama 2 hari dan masih sedang dilakukan karena belum selesai.

Akan – Sudah

Akan-Sudah merupakan konsep kalimat yang mengira-ngira atau prediksi bahwa pekerjaan akan sudah selesai dalam beberapa waktu ke depan. Contoh bahasa indonesia: Saya akan sudah selesai memasang kabel di platform besok.

  • Kalimat Aktif dasar : I will have installed cable at platform tomorrow.
  • Kalimat Pasif dasar: Cable at platform will have been installed by me tomorrow.

Pada kalimat aktif will have installed memiliki arti akan sudah memasang besok artinya selesai besok. Pada kalimat pasif will have been installed memiliki arti akan sudah dipasang besok.

Semoga setelah ini saya tidak menjumpai laporan berbunyi: I was installed cable at platform yesterday yang memiliki arti Saya dipasang kabel di anjungan kemarin. Masak kita dipasang. Terus bagaimana cara untuk menceritakan Saya memasang kabel di platform kemarin:

Berita  / Cerita Ngasih Tau Kejadian Yang Sudah Terjadi

  • Kalimat Aktif dasar : I installed cable at platform yesterday.
  • Kalimat Pasif dasar: Cable at platform was installed by me yesterday.

Pada kalimat aktif installed memiliki arti memasang yang sudah kejadian, saya memasang kabel di anjungan kemarin. Pada kalimat pasif was installed memiliki arti dipasang yang sudah kejadian.

Berita  / Cerita Ngasih Tau Kejadian yang Pas Sedang Itu ….Ada barengannya

  • Kalimat Aktif dasar: I was installing cable at platform when you called me yesterday.
  • Kalimat Pasif dasar: Cable at platform was being installed by me when you called me yesterday.

Pada kalimat aktif was installing memiliki arti cerita lagi pas-pas-nya sedang memasang kabel kemarin itu kamu manggil. Pada kalimat pasif was being installed memiliki arti ceritanya lagi pas-pasnya kabel sedang dipasang kemarin itu kamu manggil.

Batam, 24 Nov 2018

Nova Kurniawan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: