Again…The Screen Of Instrument Cable

Again I got a technical note and statement about screen cable that really disturbed me because it is against what I understand for 14 years but I need to be open minded. It may we have new technology invention about screen, so this kind notes come up on project documents and needs to be considered:

  1. Instrument cable screen need to be sleeved green-yellow for instrument safety earth and green for instrument protective earth.
  2. Instrument cable screen need to be coiled at devices for testing purposes.

Pertama menurut saya adalah bahwa penggunaan terminologi screen adalah salah. Seperti yang pernah saya bahas pada topik blog  The Best Image of Instrument Cables; I think.. bahwa menurut manufaktur cable instrument itu susunannya seperti pada gambar 1. Bagian yang bisa disleeve namanya adalah Drain Wire. Sedangkan screen berupa alumnium foil. Screen dan Drain Wire bersatu untuk untuk menjalankan fungsi melindungi signal dari gangguan interferensi, fungsi ini disebut sebagai Shield.

Inst_Cable

Gambar 1. Susunan Kabel Instrument

1. Instrument Safety Earth and Instrument Protective Earth

Pada blog saya sebelumnya selalu saya nyatakan bahwa dalam sistem kontrol instrument selalu terdiri dari Dirty Earth (Protective Earth / Electrical Earth) dan Clean Earth (yang bisa berupa Instrument Earth Non IS dan Instrument Earth IS). Nah menurut saya cukup 3 itu saja yang perlu untuk diketahui dan dibedakan dalam suatu earthing kontrol kabinet / panel / system.

  • Protective Earth untuk elektrikal safety dan proteksi yang menghubungkan semua ground dari body panel, armour, gland, dan grounding power kabel.
  • Instrument Earth-Non Is untuk melindungi signal pada transmisi Non-IS dari gangguan / interferensi dengan cara menghubungkan screen Non-IS kabel menjadi 1 dan terpisah dengan PE.
  • Instrument Earth-IS untuk melindungi signal pada transmisi circuit IS dari gangguan / interferensi dengan cara menghubungkan screen-IS kabel menjadi 1 dan terpisah dengan PE dan NIS-E.

Sekali lagi cukup 3 itu saja istilah yang perlu digunakan menurut saya. Namun rupanya ada istilah baru menurut engineer pembuat specification bahwa Instrument Earth itu dapat dikelompokkan menjadi 2 yaitu Instrument Safety Earth dan Instrument Protective Earth. Dan screen sebagai bagian dari instrument disebutkan bisa berfungsi sebagai safety earth dan bisa juga berfungsi sebagai protective earth. Saya agak ganjil dengan istilah screen bisa menjadi safety earth atau bisa juga protective earth. Sehingga fungsi screen seperti itu tidak tepat dan justru menimbulkan kebingungan.

Shield yang terdiri atas Screen dan Drain Wire diciptakan secara special untuk melindungi transmisi signal dari interferensi elektromagnetik maka cukup saja disebut sebagai clean earth / instrument earth.

Ketika bicara screen tidak perlu membawa istilah safety dan protection, karena justru sebaliknya safety dan protection merupakan fungsi dirty earth earth / electrical earth umumnya disebut sebagai PE (Protective Earth). Fungsi ini untuk melindungi sistem dari kegagalan elektrikal berupa short circuit dan lightening juga jika sistem instrument tersengat lightening.

Kembali ke note statament di atas bahwa seakan-akan screen memiliki 2 fungsi:

“sleeved green-yellow for instrument safety earth and green for instrument protective earth”

Ini juga pernyataan batil alias tidak tepat. Screen hanya memiliki 1 fungsi yaitu melenyapkan gangguan yang mungkin datang mengganngu tranmisi signal yang lewat pada kabel pair signal. Perlu disleeve warna apa? saya lupa Code-nya tapi sepanjang yang saya temui drain wire harus disleeve warna hijau. Ketika drain wire di sleeve warna green-yellow maka asumsi orang yang tidak melihat drawing adalah drain wire ini merupakan bagian dari Dirty / PE. Padahal tidak dan justru harus dipisahkan.

2. Instrument cable screen need to be coiled at devices for testing purposes.

Kenapa screen pada field devices di coiled? Pada blog-blog saya sebelumnya saya bahas bahwa screen wajib ditape dan dicoiled agar tidak menyentuh PE. Ketika menyentuh PE maka terjadi ground loop. PE itu bisa berupa body devices, PE terminal, etc yang berhubungan dengan dirty earth. Ground Loop adalah peristiwa gangguan signal.

Nah, saya mendapati statement bahwa screen dicoiled for testing purposes. Menurut saya ini juga pernyataan batil alias tidak tepat. Testing apa yang hendak dilakukan di screen?

Kalau ada rekan yang justru setuju dan mendukung notes yang saya salahkan, dipersilahkan untuk menerangkan.

Batam, 12 jan 2019

Nova Kurniawan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: