Ketemu Lagi: Shielding and Armouring

Saya mendapati typical drawing grounding inside enclosure seperti Gambar 1 di bawah ini:

shield armour

Gambar 1. Shielding and Armouring

  • (15) Shielding / Armouring Grounding
  • (5) Earth Tag Grounding

Curiosity saya ketika melihat gambar tersebut adalah:

  1. “Apakah pada dunia persilatan instrument atau elektrikal masih ada yang memahami bahwa shielding dan armouring adalah hal yang sama?
  2. “Apakah pada dunia persilatan instrument atau elektrikal masih ada yang memahami bahwa shielding digrounding di tempat yang sama dengan groundingnya cable accessories (earth tag)?”

Pertama

Saya adalah pengantut aliran yang berbeda dengan gambar di atas. Semoga aliran saya bukan aliran sesat. Sering saya tulis di blog-blog saya sebelumnya apa itu shielding dan apa itu armouring. Shielding dan Armouring (15) adalah dua hal yang sama sekali berbeda. Secara fisik bendanya berbeda dan secara fungsi kegunaannya berbeda.

Kalau pembuat gambar mau meluangkan waktunya untuk mengupas kabel (tapi dimana ngupasnya? biasanya pembuat gambar stay di kota besar dan di office) maka armour letaknya adalah tepat di bawah outersheath berupa wire yang dirajut sedemikian rupa atau berupa lempeng metal tipis bergelombang. Fungsi armour adalah untuk mechanical protection dan bisa juga untuk dirty earth. Sedangkan Shield yang berupa screen dan drain wire letaknya dibawah inner sheath. Berupa aluminium foil dan wire kecil telanjang yang berfungsi untuk clean earth.

Dari gambar di atas saya terpaksa menyimpulkan bahwa pembuat gambar tidak ada concern tentang pembedaan konsep clean earth dan dirty earth. Atau tidak tau bedanya shield dan armour? Atau mungkin saya sendiri aja yang suka beda-bedain dan bikin konsep sendiri saja? Ahhh semoga tidak ya.

Kedua

Armour tidak perlu ikut masuk ke dalam junction box tapi berhenti dan diclamp di dalam cable gland dan bersatu alias continue dengan cable gland. Sehingga ketika cable gland digrounding earth tag (5) maka armour akan tersambung dengan grounding dirty lewat kabel no (5) bukan (15). Pada Gambar 1 di atas seakan-akan armournya masuk enclosure kemudian dijadikan satu dengan Shield (Oooo tidak boleh). Jikapun terpaksa karena cable masuk JB tidak menggunakan gland maka boleh saja diterapkan suatu metoda menjepit armour kemudian disambungkan ke dirty grounding dengan catatan: tetap tidak boleh jadi satu dengan shield.

Karena tidak boleh satu maka kabel no (15) yang dari shield harus dilepas dari Earth Bar. Shield harus dicollect dan diteruskan sampai ke control center paling ujung. Kemudian disediakan Bar tersendiri yang disebut sebagai Instrument Earth Bar (Bisa berupa Non IS atau IS).

Semoga bukan aliran sesat…..

Batam, 13 Jan 2019

Nova Kurniawan

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: